Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti POV Istilah Viral di Tiktok dan Wattpad

Arti POV Istilah Viral di Tiktok dan Wattpad namun masih banyak yang belum faham arti dari POV tersebut. Penasaran? Simak penjelasan kang Konter kali ini yah sob.

Pernah menemui kata POV bahasa gaul yang viral di media sosial? Jika anda pengguna Tiktok, tentu sudah tak asing lagi dengan kata POV.

POV adalah salah satu bahasa gaul yang diciptakan anak-anak muda jaman sekarang. Akhir-akhir ini kata POV dalam bahasa gaul menjadi viral di sosial media termasuk TikTok, Wattpad, Twitter, dan lain-lain.

Arti POV Istilah Viral di Tiktok dan Wattpad
Apa Arti dari POV

Lalu, apa arti POV dalam bahasa gaul yang sering dipakai pengguna media sosial terutama di Tiktok?

Apa itu POV?

Apa itu istilah POV? Jika anda masih ingat pelajaran bahasa indonesia di sekolah, kamu pasti tidak asing dengan istilah point of view (POV) atau sudut pandang dalam suatu cerita.

Arti POV (point of view) secara bahasa ialah sudut pandang. Yakni sudut pandang penulis atau kreator terhadap tulisan atau karyanya. Hal ini dilakukan agar pembaca atau audiens dapat paham akan maksud dan tujuan serta memiliki rasa yang sama seperti penulis atau kreator karya tersebut.

Sedangkan POV dalam media sosial bermakna sudut pandang kreator melalui sisi foto maupun video  yang diunggah. Melihat dari cara penggunannya di media sosial, umumnya si pemilik konten atau kreator ingin memposisikan para audiens menjadi sisi si pemilik konten.

Salah satu contohnya, pada sebuah postingan video situasi tempat wisata yang ramai pengunjung, dengan si pemilik video beserta keluarganya. Kemudian si kreator video itu menuliskan caption POV: Ketika semua baik-baik saja.

Baca Juga: Arti Kata Healing With Bestie yang Viral

Dari situasi itu dapat disimpulkan bahwa maksud pemilik video tersebut menuliskan POV adalah agar audiens merasakan ketika sebelum pandemi dan masih boleh pergi berwisata secara leluasa.

Istilah POV yang mulai viral di Tiktok ini pun kini juga telah merambah ke media sosial lainnya. Tentu istilah POV ini bukan hal baru lagi. Dalam sebuah karya sastra, POV sendiri digunakan dalam berbagai jenis yang berbeda. Tergantung sudut pandang (POV) mana yang sesuai dengan gaya penulis.

Jenis-jenis POV

Ada beberapa jenis POV dalam suatu karya, khususnya karya sastra. Berikut kami jelaskan secara singkat jenis-jenis POV:

- POV 1, Sudut Pandang Orang Pertama

POV 1 adalah sudut pandang menceritakan diri penulis sendiri. Biasanya, sudut pandang orang pertama ini menggunakan “aku”, “saya”, dan “gue” (jika karya tersebut menggunakan bahasa gaul”.

- POV 2, Sudut Pandang Orang Kedua

POV 2 adalah sudut pandang yang menggunakan “kamu” atau “anda” sebagai pemeran utama. Sudut pandang ini juga sering digunakan untuk artikel yang biasanya membawa pembaca masuk ke dalam bacaannya tersebut dengan menggunakan kata “anda” atau “kamu”.

Suka Nonton? ini dia Arti Kata Uncut Dalam FIlm 

- POV 3, Sudut Pandang Orang Ketiga

POV 3 adalah sudut pandang yang mana penulis memposisikan diri tahu segala hal di keseluruhan cerita. Umumnya, dalam POV 3 ini penulis menggunakan nama tokoh untuk ceritanya.

POV 3 sendiri terbagi menjadi 2, yakni POV 3 terbatas: penulis tahu apa saja yang terjadi pada tokoh di keseluruhan cerita, namun tidak mendetail.

Kedua, POV 3 serba tahu: penulis mengetahui semua hal yang berakaitan dengan tokoh, baik segala hal yang terjadi ataupun karakter serta isi hati dan pikiran si tokoh dalam cerita yang dibuatnya.

POV Tiktok

Apa itu POV TikTok? Sesuai dengan namanya, istilah POV Tiktok berkaitan dengan video yang menggunakan sudut pandang tertentu. Contoh POV di Tiktok adalah sebuah video yang captionnya, “POV suami bantu masak”. Artinya, di video tersebut kamera diletakkan seolah-olah itu sudut pandang atau dari sudut mana sang istri memandang sumai di konten Tiktoknya.

Anak TikTok Wajib Tahu: Arti Kata Spill Istilah Kekinian

POV di Wattpad

Selain viral di Tiktok, bahasa gaul POV juga sering ditemui di Wattpad. Nah, apa arti POV di Wattpad? Sebelum membahas apa arti POV di Wattpad, ada baiknya kita tahu terlebuh dahulu apa itu Wattpad?

Wattpad adalah aplikasi baca yang memberikan kemungkinan untuk tidak hanya membaca, tetapi juga bisa juga menulis. Artinya Wattpad memberikan kesempatan pada para penulis untuk mempublikasikan karyanya.

Lalu, jika demikian, apa arti POV di Wattpad? Seperti pembahasan sebelumnya mengenai apa itu POV (Point Of View) yang memiliki makna sudut pandang. Sehingga di dapat kesimpulan arti POV Wattpad adalah sudut pandang cerita yang ada di Wattpad.

Lengkap, ini dia Arti Kata Vibes Istilah Gaul Terbaru

Penutup

Dari uraian di atas, didapatkan kesimpulan bahwa arti POV Tiktok ialah sudut pandang kreator konten Tiktok diambil dari sisi kamera. Sedangkan arti kata POV di Wattpad adalah sudut pandang penceritaan dari si penulis cerita di Wattpad itu sendiri.

Demikian Informasi seputar arti dari POV di Tok Tok atau Wattpad yang sering kali ditemukan. Simak terus KangKonter.com untuk Informasi menarik lainnya.

Posting Komentar untuk "Arti POV Istilah Viral di Tiktok dan Wattpad"