Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Jaringan XL Selalu E (Edge) menjadi 4G

Cara mengatasi jaringan Xl tiba-tiba selalu En (Edge) padahal sebelumnya sudah 4G. Tentu ini menjadi masalah serius bagi pengguna XL karena kecepatan internet menjadi terganggu.

Jaringan internet terus mengalami peningkatan dan pengembangan. Dalam satu decade terakhir, jaringan Internet di Indonesia sudah berganti beberapa kali. Terbaru saat ini para provider tengah menyiapkan jaringan 5G.

Hal ini jelas menjadi lompatan terbesar mengingat jaringan 4G saja kecepatannya sudah memuaskan apalagi jaringan 5G. Bisa dibayangkan semua berlangsung begitu cepat. Nonton film ataupun download tanpa harus menunggu lama.

Cara Mengatasi Jaringan XL Selalu E

Namun masih ada permasalahan di kalangan masyarakat, khususnya pengguna XL yang tiba-tiba jaringannya mengalami penurunan dari 3G atau 4G justru anjlok menjadi E atau Egde. Jika anda salah satunya yang mengalami hal serupa, baiknay simak postingan ini sampai habis.

Penyebab Jaringan XL Jadi E (Edge)

Kenapa Jaringan XL Jadi E (Edge)? Bagaimana cara memperbaiki jaringan E ke 4g? santai sobat, kita kupas satu-satu yah. Pertama Kang konter akan membahas penyebab jaringan jadi E (Edge) terus. Berikut beberapa penyebabnya.

- Belum Upgrade Kartu XL

XL melakukan upgrade kartu sejak beberapa waktu lalu. Bagi yang menggunakan kartu masih 3G sebaiknya diupgrade jadi 4G agar bisa menikmati layanan dan promo paket Internet di 4G.

Baca Juga: Cara Perpanjang Masa Aktif XL Mudah dan Murah

- Ponsel Belum 4G

Selain kartu atau phone card, ponsel yang belum 4G juga mempengaruhi kualitas jaringan. Bahkan nantinya tidak bisa menikmati jaringan 4G apabila paket yang dibeli justru paket 4G sedangkan HP nya masih 3G.

- Daerah Susah SInyal

XL terus mengembangkan pemerataan jaringan di pelosok. Namun disadari atau tidak, terdapat beberapa lokasi atau titik yang belum disentuh oleh jaringan XL. Alhasil, pengguna XL tidak menikmati kecepatan jaringan XL karena kekuatan sinyalnya yang kurang.

- Prioritas Sinyal belum LTE atau 4G

Terkadang tanpa disadari pengguna XL merubah prioritas jaringan yang semula LTE atau 4G justru mengubah jadi 3G ke bawah. Hal ini tentu mempengaruhi pada kualitas jaringan yang digunakan.

Itulah beberapa penyebab jaringan hp selalu edge yang sering terjadi. Tentunya dapat menyebabkan sinyal XL menjadi E (Edge) terus. Bagaimana cara mengatasi jaringan edge terus? Setidaknya cara mengubah jaringan e ke h atau 4G? Simak sampai tuntas.

Jangan Lupa: Cara Cek Nomor Sendiri Semua Operator

Cara Mengubah Jaringan XL dari E ke 4G

Berikut beberapa langkah dan cara agar jaringan XL pengguna yang semula E (Edge) terus berganti ke H, H+, atau bahkan 4G.

Mode Pesawat

Cara pertama adalah dengan metode mode pesawat. Caranya sangatlah mudah dan sederhana. Cukup ubah pengatuan menjadi mode pesawat sehingga jaringan internet baik paket data ataupun WiFi tidak aktif.

Restart atau Matikan Ulang

Cara kedua mengatasi jaringan XL dari E jadi 4G adalah dengan restart atau matikan ulang ponsel. Biasanya HP yang sering digunakan dan selalu dalam perjalanan membuat sinyal menjadi susah membaca karena harus menyesuaikan dengan lokasi.

Untuk menghindari bug atau cache pada jaringan dengan restart HP atau matikan ulang. HP yang di restart akan menghapus cache atau bisa juga memperbaiki system ponsel yang selalu bekerja terus menerus.

Cabut Kartu dan Pasang Lagi

Cara lain untuk mengembalikan jaringan XL dari e ke 4g adalah dengan cabut kartu kemudian pasang kembali. Terkadang ponsel yang selalu disimpan di saku atau sering mengalami getaran seperti dilempar dan sebagainya menbuat posisi kartu bergeser.

Oleh karena itu cara paling mudah adalah dengan mematikan ponsel kemudian mencabut kartu. Selanjutnya pasang lagi dan aktifkan.

Terjawab: Kenapa Jaringan XL e Terus

Pindah Lokasi

Bagi yang semua jaringannya 4G tiba-tiba berganti jadi E kemungkinan karena lokasi tersebut belum tersentuh 4G. Bisa saja terjadi akibat posisi tower terhalangi bukit dan sebagainya.

Jika mengalami hal tersebut, cobalah pindah lokasi. Carilah lokasi yang sekiranya mudah dijangkau oleh semua jaringan. Bisa agak naik ke puncak atau mendekati posisi tower.

Ganti Kartu atau HP

Jika penyebab jaringan XL E (edge) terus dikarenakan kartu belum di uograde. Maka caranya adalah upgrade sim Card. Untuk upgrade Sim Card bisa mendatangi konter-konter terdekat atau bisa langsung ke XL Center di kota anda.

Namun jika disebabkan jaringan ponsel yang belum menyediakan 4G. maka cara bisaknya adalah ganti HP. Saat ini banyak e-commerce yang menyediakan jual beli HP baik secara nyicil atau cash. Bagi yang ingin nyicil bisa cek di bawah ini.

Cara Kredit HP di Lazada Tanpa DP dan Kartu

Cara Kredit HP di Shopee Proses Cepat

Ubah Jaringan Prioritas

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk mengganti jaringan XL dari E ke 4G adalah dengan mengubah jaringan prioritas. Langkahnya-langkahnya bisa mengikuti yang Kang Konter berikan.

Masuk ke Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih SIM 1 atau SIM 2 (yang digunakan untuk Internet) > Jaringan prioritas > pilih jaringan LTE/4G (Sambungan Otomatis).

Itulah cara ganti jaringan XL dari E ke 4G yang kang konter sajikan. Simak terus kangkonter.com untuk informasi seputar jaringan internet atau yang berhubungan dengan dunia perkonteran. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Jaringan XL Selalu E (Edge) menjadi 4G"