Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan XL Edge Terus

Jaringan internet sangat penting bagi pengguna smartphone khusunya untuk mengakses informasi penting di sosial media. Namun pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan jaringan?

Permasalahan jaringan kerap kali dialami oleh pengguna smartphone khususnya Android, mulai dari sulit hingga tidak adanya koneksi internet. Salah satu penyebab dari sulitnya jaringan tersebut adalah koneksi internet berada pada status E atau Edge.

Bagi pengguna  Andorid, Edge merupakan jenis jaringan terlemah, karena seperti yang kita tahu bahwa  semua jenis ponsel pintar saat ini sudah mendukung koneksi internet tingkat 3G, 4G, bahkan 5G.

Cara Mengatasi Jaringan XL Edge Terus

Jaringan E (Edge) atau Enchanced Data rates for GSM Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136 yang memiliki kecepatan data sebesar 384 kbps hingga 473,6 kbps, ini menunjukkan bahwa Edge lebih besar dari GPRS.

Sebagai telekomonukikasi seluler kedua, Edge terbilang jaringan yang cukup lamban dibanding jenis lainnya, terlebih bila digunakan pada smartphone atau ponsel pinter.

Penyebab Jaringan Edge

Kenapa jaringan E terus? Membahas mengenai jaringan Edge pada smartphone, ada beberapa penyebab mengapa koneksi internet berada dalam status tersebut, sebagai berikut:

1. Sinyal sulit untuk dijangkau

Penyebab jaringan Edge yang pertama adalah sinyal sulit dijangkau biasanya karena pengguna berada di tempat yang sulit koneksi internet seperti gedung, basement,  perkampungan, dan ruangan tertutup.

Tidak hanya itu, biasanya jaringan Edge disebabkan karena cuaca yang buruk seperti hujan lebat, badai, dan angin kencang.

Baca Juga: Cara Top Up Diamon Pakai Pulsa XL

2. Listrik padam

Meski sulit dipahami, namun listrik yang padam juga berpengaruh terhadap jaringan yang akan diterima oleh smartphone. Mengapa demikian? Listrik padam bisa menyebabkan arus listrik juga terputus hal ini tentu menghambat koneksi internet akan diterima oleh HP.

Dalam keadaan ini, biasanya pengguna Android kerap mengalami koneksi jaringan yang lemod dan sulit mengakses internet. Akan tetapi jaringan  kembali normal ketika listrik menyala.

3. Pengaturan jaringan smartphone yang salah

Pengaturan pada smartphone apalagi Android berpengaruh terhadap kualitas jaringan yang akan ditangkap oleh HP. Seperti yang kita tahu, pengguna Android dapat mengubah kecepatan penggunaan internet mulai dari 2G, 3G, 4G, bahkan 5G.

Jika HP Anda sudah terasa lemod ada baiknya untuk mengubah kapasitas kecepatan internet pada smartphone. Hal ini berguna untuk menstabilkan penggunakan koneksi internet yang Anda gunakan.

4. Salah menempatkan kartu SIM

Siapa sangka bahwa salah menempatkan kartu SIM juga berpengaruh terhadap kualitas koneksi internet yang diperoleh. Ternyata beberapa produk smartphone dual SIM dirancang khusus untuk digunakan dalam jaringan 4G atau 2G.

Kemungkinan terbesar mengapa koneksi internet Anda berada di jaringan Edge adalah salah menempatkan kartu pada slot SIM. Untuk mengatasi permasalah tersebut, Anda bisa mengganti penempatan kartu SIM agar jaringan kembali stabil.

Harus Tahu: Cara Mengambil Bonus Kuota XL

Cara Mengatasi Jaringan XL Edge Terus

Pada artikel kali ini Kang Konter akan membahas mengenai cara mengatasi jaringan Edge pada smartphone khususnya pada pengguna operator XL. Ikutilah beberapa petunjuk di bawah ini agar berhasil:

1. Mengaktifkan Fitur Flight Mode (Mode Pesawat)

Hal yang umum dilakukan oleh para pengguna Android ketika jaringannya bermasalah adalah dengan mengaktifkan fitur flight Mode atau mode pesawat. Hal ini akan memblokir kemampuan perangkat untuk menangkap jaringan secara otomatis.

Fitur flight mode atau mode pesawat dapat digunakan untuk mengembalikan jaringan Android yang sebelumnya Edge menjadi 3G, 4G, atau 5G. Berikut langkah yang bisa digunakan:

• Aktifkan mode pesawat pada menu bar smartphone.

• Restart atau mulai ulang smartphone dalam keadaaan mode pesawat.

• Tunggu HP hingga kembali menyala.

• Kemudian non-aktifkan mode pesawat.

• Coba hidupkan kembali Data Seluler.

Penting: Cara Beli Paket Internet dan telpon XL

2. Ubah Pengaturan Jaringan

Jika cara pertama belum berhasil, coba lakukan cara kedua yaitu dengan mengubah pengaturan jaringan. Pada pengguna Android dan operator XL cara ini mungkin sangat efektif untuk Anda coba.

Berikut petunjuk untuk mengubah pengaturan jaringan:

• Buka menu Pengaturan (Settings) pada smartphone.

  Pilih Jaringan Seluler.

• Kemudian pilih Kartu SIM.

• Pilih Jenis Jaringan yang Disukai.

• Lalu ubah ke 3G/2G Otomatis.

3. Mengganti Penempatan Kartu SIM

Jika cara pertama dan kedua belum juga berhasil, ada baiknya Anda mencoba cara ketiga yaitu dengan mengganti penempatan kartu SIM. Umumnya kini Android dilengkapi dengan dual SIM yang memudahkan penggunanya untuk menggunakan dua operator sekaligus.

Tiap slot kartu SIM biasanya disediakan dengan jaringan yang berbeda misal 2G dan 4G. Kemungkinan koneksi internet Anda berada di status Edge karena salah menempatkan posisi kartu yang harusnya berada di 4G namun ada di 2G. Cobalah untuk menukar penempatan kartu SIM tersebut agar koneksi internet stabil kembali.

Tips lain: Cara Mengatasi Jaringan XL e Jadi 4G dan 5G

Demikian informasi mengenai cara mengatasi jaringan XL Edge terus, Sobat Kang Konter khususnys pengguna Android wajib untuk mengikuti beberapa langkah di atas demi kenyamanan dalam pemakaian intenet, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Jaringan XL Edge Terus"