Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot dengan Mudah

Cara mengatasi jaringan telkomsel lemot menjadi bahasan kami kali ini. Mengingat karena jika jaringan telkomsel bermasalah, membuat para pengguna menjadi kesal dan mengalami kesulitan dalam mengakses internet.

Apalagi jika ada tugas penting, kemudian jaringan telkomsel tidak stabil, otomatis dalam proses pengerjaan tugas menjadi terhambat. Hal ini tentu perlu kiranya untuk mengetahui cara refresh jaringan telkomsel guna mengatasi jaringan internet yang lemot.

Terlebih jika jaringan telkomsel yang ada di HP kita tertulis 4G, namun tetap lemot. Sungguh, ini akan membuat pengguna provider telkomsel menjadi geram dan ingin segera mengetahui cara memperbaiki koneksi internet lambat tersebut agar stabil.

telkomsel lemot

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kenapa Telkomsel lemot padahal 4G. Apa faktor penyebab koneksi internet telkomsel 4G lambat dan mengalami buffering.

Sebenarnya, faktor yang menyebabkan jaringan telkomsel lemot telah dijabarkan di laman resmi telkomsel secara umum. Di antaranya ialah karena sinyal yang buruk, kuota internet yang hampir habis, dan faktor cuaca.

Namun, selain dari faktor yang membuat jaringan lambat di atas, telkomsel juga menjelaskan ada faktor lainnya. Nah, berikut ini faktor yang mempengaruhi jaringan telkomsel lemot padahal 4G:

Faktor Yang Mempengaruhi Kenapa Jaringan Telkomsel Lemot

1. Operator

Telkomsel, sebagai provider yang banyak digunakan di Indonesia, mempunyai rasa dan tanggung jawab untuk memberikan layanan terbaik. Dengan menghadirkan 5 parameter, telkomsel memberikan jaminan kualitas, kapasitas, dan ketersediaan jaringan.

Paramater yang dihadirkan oleh telkomsel ditujukan sebagai komitemen dalam menjaga QoS (Qualaity of Service).  5 paramater tersebut yakni latency, download throughput, packet loss, upload throughput, dan jitter.

Harus Tahu: Cara Mengatasi Jaringan XL Edge 

Untuk itu, pengguna disarankan oleh telkomsel untuk melakukan pengukuran akses kecepatan layanan data dengan menggunakan aplikasi seperti open signal atau speed test. Jika telah dilakukan pengukuran dan hasilnya jaringan telkomsel masih lambat, berarti ada faktor lain yang mempengaruhi jaringan 4G telkomsel tersebut lambat.

2.  Aplikasi pihak ketiga

Faktor yang kedua jaringan telkomsel lemot bisa dikarenakan oleh aplikasi dari pihak ketiga. Walaupun secara umum, sebenarnya aplikasi pihak ketiga akan lancar-lancar saja dan tidak berpengaruh pada koneksi telkomsel lemot.

Namun, jika ternyata dalam membuka aplikasi tertentu dari aplikasi pihak ketiga, tiba-tiba jaringan telkomsel lemot, artinya penyebabnya kemungkinan memori aplikasi penuh atau terjadi eror pada server aplikasi.

3.  Pengguna

Koneksi ineternet telkomsel lemot bisa jadi disebabkan oleh penggunanya sendiri. Posisi pengguna atau lokasi cukup berpengaruh pada kualitas sinyal internet.

Jika kamu di pegununan atau berada di kepulauan yang hanya memiliki satu pemancar, bisa jadi tidak mampu menjangkau sinyal yang kuat. Sehingga membuat jaringan telkomsel anda bermasalah.

Sudah Tahu Belum? Cara Upgrade Kartu Telkomsel dari 3G ke 4G

Selain itu, HP yang anda gunakan juga berpengaruh pada kualitas internet. Misal, HP yang anda gunakan keluaran 2014 secara otomatis saat ini anda akan mengalami sedikit masalah dalam mendapatkan jaringan internet kuat. Hal ini karena usia dari chip modem pada smartphone anda mempengaruhi kekuatan untuk menjangkau sinyal koneksi internet.

Lalu bagaimana cara memeperbaiki jaringan telkomsel lemot?

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot

Dalam laman resmi telkomsel, setidaknya dijelaskan beberapa cara mengatasi jaringan internet lemot. Adapun cara menstabilkan jaringan telkomsel tersebut adalah berikut:

1. Memperhatikan lokasi

Cara atasi jaringan lemot yang pertama ialah memperhatikan posisi atau lokasi. Pastikan, posisi anda berada pada jangkauan pemancar sinyal agar bisa mendapatkan jaringan telkomsel.

2. Merefsresh sinyal

Cara untuk mengstabilkan jaringan telkomsel selanjutnya ialah dengan melakukan resfresh sinyal. Cara ini dilakukan guna mengaktifkan kembalai data agar bisa menstabilkan konseksi internet.

Langkahnya ialah dengan mengatifkan mode pesawat beberapa saat, kemudian nonaktifkan kembali fitur tersebut. Atau dengan merestart kembali HP anda guna mengatasi gangguan jaringan telkomsel.

3. Menutup aplikasi yang tidak digunakan

Selanjutnya, cara agar jaringan telkomsel stabil ialah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Hal ini untuk mengurangi kinerja dari mesin HP anda.

Baca Ini: Cara Transfer Pulsa Telkomel Mudah 

4. Cek web atau aplikasi yang anda gunakan

Cara menstabilkan jaringan telkomsel berikutnya ialah dengan melakukan pengecekan pada aplikasi atau web yang sedang anda gunakan. Hal ini digunakan sebagai pembanding jika koneksi internet telkomsel bermasalah pada salah satunya saja.

5. Cek Sim Card

Cara memperbaiki jaringan tekomsel lemot selanjutnya ialah dengan memeriksa sim card. Apabila simcard telah banyak goresan dan sudah lama, ganti sim card telkomsel anda pada yang baru. Alasannya ialah karena sim card yang baru memliki kekuatan lebih besar dari pada yang lama dalam menarik sinyal pada Hp anda.

6. Pastikan kuota internet anda masih ada

Jika anda ingin jaringan telkomsel stabil, cara yang paling sering dilupakan ialah memeriksa paket data. Padahal, jika paket data telkomsel anda sudah tipis ataubahakan tidak ada sama sekali, maka sudah bisa dipastikan jaringan telkomsel anda akan mengalami lemot.

Baca Juga: Cara Top Up ML Pakai Pulsa Telkomsel

Untuk itu, cara mengatasi jaringan telkomsel lemot yang paling ampuh dalam kasus ini ialah dengan mengisi kuota data internet telkomsel anda.

Itulah ulasan cara mengatasi jaringan telkomsel lemot. Dengan adanya ulasan ini semoga bisa menjadi pilihan agar jaringan tekomsel anda tetap stabil dan tidak mengahmbat pekerjaan anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot dengan Mudah"