Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Akun Instagram yang Hilang dan Solusinya

Cara mengetahui akun Instagram yang menghilang tiba-tiba memang perlu sekali diketahui. Khususnya sobat kang Konter yang memang aktif si social media Instagram.

Instagram semakin menarik dan penggunanya terus bertambah. Setelah diakuisisi oleh Facebook Bersama WHatsapp, Instagram terus menambah fitur dan layanan agar pengguna semakin betah.

Tidak sekedar tempat mencari hiburan, Instagram juga menjadi lahan basah untuk berbisnis, melakukan jual beli, sebagai sarana dokumentasi instansi, serta unjuk eksistensi diri seperti selebgram dan sebagainya.

Cara Mengetahui Akun Instagram yang Hilang

Oleh karena itu, jangan sampai akun instagramnya hilang atau tidak bisa dibuka. Karena saying sekali apalagi memang akun bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa akun Instagram tiba-tiba hilang.

Penyebab Akun Instagram Hilang

Akun IG hilang disebabkan oleh banyak factor. Berikut beberapa penyebab hilangnya akun Instagram yang paling sering terjadi.

- Dilaporkan oleh banyak pengguna

Media social memiliki kebebasan bersuara, berfikir, dan menyatakan pendapat. Akan tetapi tetap menjaga norma-norma yang berlaku. Apalagi saat ini juga ada Undang-undang ITE yang mengatur masyarakat dalam bersosial media.

Baca Juga: cara Mengetahui nomor pelanggan Indihome yang Lupa

Kebebasan berpendapat dan beropini kadang ada yang tidak suka. Tidak segan-segan ada yang melaporkan atau mereport pada pihak Instagram. Bahkan jika sangat banyak bisa-bisa Instagram kita hilang.

Oleh karena itu sangat penting untuk bijak dalam bersosial media. Jangan pernah share yang sekiranya menimbulkan multi tafsir, hoax, dan sebagainya. Gunakanlah social media sebagai sarana bersosial yang tepat dan bermanfaat.

- Dicuri atau Diretas

Pencurian dan peretasan akun-akun media social masih marak. Hal ini tentu menyebabkan potensi penipuan dan segala tindak criminal semakin meningkat. Sangat penting untuk menajga keamanan dengan 2 kali verifikasi login atau lebih setiap akun maya. Mulai dari email, social media, dan sebagainya.

Seru ABis: Cara Komen Kosong di FB

- Akun Terblokir

Seperti media social lainnya, Instagram memiliki peraturan komunitas. Ada beberapa hal yang memang dilarang untuk di posting di IG. Salah satunya adalah kekerasan, menyebar berita hoax, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk semua agar memperhatikan betul apa yang sudah diposting dan akan diposting di IG. Karena tidak hanya berupa teguran, namun bisa berakibat akun di blokir.

Bagi yang mengalami hal serupa. Kehilangan akun atau tidak bisa membuka akun karena alasan di atas. Bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang diretas atau di hack

Cara mengembalikan akun IG yang diretas oleh hacker atau orang lain sangat mudah. Cukup kinta bantuan pihak Instagram untuk mengembalikan akun tersebut. IG sendiri menyiapkan help desk untuk segala keluhan dari penggguna. Berikut caranya mengembalikan akun IG.

- Buka help Instagram atau di help.instagram.com

- Login dan masukkan password.

- jika Pilih Hacked Accounts

- Kemudian Pilih opsi I Think my account has been hacked jika muncul opsi tersebut

- Setelah itu pilih Report it to us

- jawab pertanyaan privasi.

- kirim send atau OK”

Jika proses di atas sudah diikuti maka kemudian Pihak Instagram akan melakukan pemantauan terhadap aduan yang dikirim. Jika terbukti benar, maka akun sobat akan dikembalikan. Sebaliknya jika tidak bisa menjawab pertanyaan privasi, maka tidak akan diperoleh lagi.

Jangan Ketinggalan: Cara Nonton Drakor Gratisan 

Cara Mengembalikan Akun Instagram Akibat terblokir

Jika akun anda terblokir entah karena aduan atau karena pelanggaran komunitas, maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

- buka aplikasi IG

- Masuk seperti biasa dengan mengisi username dan password

- jika tidak dapat masuk, maka Instagram akan memberikan pemberitahuan atau notifikasi

- klik atau sentuh Pelajari Selengkapnya

- Sentuh atau pilih Hubungi Kami

- Pilih akun, apakah akun bisnis atau pribadi

- masukkan data personal seperti email, nama, dan sebagainya.

- Kirim

Berikutnya pihak Instagram akan mengirim email pada alamat yang diisi. Silahkan pelajari alasan mengapa di blokir. Jika dianggap masih bisa ditolelir, akun IG sobat akan kembali dengan semangat.

Biar Tahu: Ini Dia Cara Langganan Netflix Terbaru

Cara Mengatasi Lupa Password Instagram

Jika akun Instagram tidak bisa dibuka karena lupa password, tentu langkahnya jauh lebih mudah. Selama identitas pribadi tidak lupa seperti email dan nomor HP. Jika sudah tahu berikut langkahnya.

- Di Halaman Login ada pilihan lupa password

- Setelah di tekan atau sentuh, maka aka nada kolom isian username, dan identitas pribadi. Termasuk juga email dan nomor HP.

- Pilih lah salah satu yang akan dikirim password IG, bisa email atau nomor HP

- Setekah itu Instagram akan mengirimkan tautan reset password

- silahkan masukkan password baru

Penutup

Itulah cara mengembalikan akun Instagram yang hilang atau tidak bisa dibuka karena alasan tertentu. Penting untuk diketahui bahwa IG juga memiliki peraturan komunitas. Jadi jagalah postingan, hindari postingan yang menyinggung personal, komuntas, instansi, hingga perusahaan.

Bijaklah dalam menggunakan IG. Bagaimanapun Instagram adalah media social yang jejaknya akan tetap terbaca sampai kapanpun.

Demikian Info dari kang Konter. Simak terus Kangkonter.com untuk info uodate lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Akun Instagram yang Hilang dan Solusinya"