Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Set Top Box Murah Terbaik Paling Rekomended

Set Top Box menjadi trending saat ini usai diberlakukannya peraturan mengenai non aktifkan TV Analog oleh peretintah. Inilah yang menjadikan Kang Konter untuk menyajikan Set Box Terbaik, Murah, dan semua hal informasi mengenai Set Box.

Aturan terbaru penayang siaran televisi yang akan menghapuskan tayangan siaran televisi pada televisi analog menjadi penayangan siaran televisi pada televisi digital menjadikan banyak orang akhirnya membahas produk set top box murah terbaik yang bisa digunakan.

Set Top Box Murah

Lantas, apa yang dimaksud dengan set top box dan merk produk set top box apa saja yang bisa dijadikan sebagai pilihan dan apa bedanya dengan set top box untuk android? Nah, di sini kita akan membahasnya!

Daftar isi:
  1. Mengenal Set Top Box
  2. Android TV Box
  3. Merk Set Top Box Terbaik
  4. Merk Android TV Box Terbaik
  5. Cara Pasang Set Top Box dan Android TV Box

Mengenal Set Top Box

Apa itu set box?

Set box atau yang juga dikenal sebagai set top box merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menangkap signal saluran televisi dan hadir dalam dua versi. Ada set box untuk televisi atau yang dikenal sebagai set top box (STB), ada juga set box untuk android atau yang dikenal sebagai android TV box.

Perbedaan set box dengan set top box untuk android seperti apa?

apa itu set box

Set top box atau STB untuk televisi merupakan sebuah perangkat yang berfungsi menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog. Siaran pada STB yang ditangkap adalah siaran free to air atau dalam artian merupakan siaran yang gratis tidak berbayar.

Setelah Anda memasangkan STB pada televisi analog, Anda bisa menonton siaran televisi biasa hanya saja yang ditangkap adalah siaran digital bukan siaran analog. Dengan siaran digital yang disajikan, tak akan ada lagi cerita siaran televisi yang layarnya bergoyang, keluar titik – titik, ada semut berjalan di layar dan berbagai keluh kesah lainnya yang selama ini sering dirasakan oleh pengguna televisi dengan siaran analog.

Android TV Box

Lalu bagaimana dengan android TV box? Sudah dengar istilah Android TV Box?

Android TV box merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah televisi konvensional menjadi smart TV atau TV pintar sehingga pengguna dapat menonton layanan streaming berbayar atau pun konten YouTube di televisi biasa.

Karena android TV box berbasis android, maka tampilan user interface perangkat televisi yang tampil pun nantinya akan mirip dengan tampilan di ponsel.

Selain fungsi yang berbeda, secara tampilan set top box (STB) untuk televisi dan android TV box juga berbeda. Umumnya STB berbentuk box atau kotak dengan ukuran sedang dan memiliki beberapa tombol.

Baca Juga: Cara Menyalakan TV Tanpa Tombol Power

Sementara android TV box mengusung tampilan yang mirip dengan smartphone namun ukuran layarnya agak lebih besar.

Lebih baik mana menggunakan set top box untuk televisi atau android tv box?

Mengenai baik atau tidaknya penggunaan set top box atau STB untuk televisi dan android tv box bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi kenali dulu kebutuhan Anda sebelum membeli.

Jika Anda adalah orang yang suka menonton siaran langsung televisi misalnya, maka membeli set top box televisi akan menjadi lebih baik. Namun kalau Anda merupakan penonton yang juga suka menonton layanan streaming dan konten – konten YouTube maka menggunakan android TV box akan jauh lebih dianjurkan.

Merk Set Top Box Terbaik

Di pasaran sebenarnya sudah beredar berbagai macam produk set top box dari berbagai merk. Namun jika Anda ingin lebih aman dalam pembeliannya, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk membeli merk set top box tv digital kominfo.

Anda tinggal beli saja secara langsung di toko elektronik atau bisa secara online. Agar tidak salah pilih, berikut kami berikan informasi terkait beberapa merk set top box tv digital kominfo dan harganya :

Polytron PDV 600T2

Kalau Anda mencari merk set box terbaik dengan harga murah, Polytron PDV 600 T2 dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Produk besutan Polytron ini termasuk salah satu merk set top box harga 200 ribuan yang bisa Anda dapatkan di pasaran.

Produk set box dari Polytron ini merupakan alat penerima siaran digital generasi terbaru yang dijamin akan memberikan kelancaran pada penayangan televisi di tempat Anda dengan kualitas jernih.

Adapun fitur yang diberikan termasuk digital turner, didukung teknologi early warning system, personal video recorder (PVR), dilengkapi dengan USB multimedia dan full HD media player. Harga tepatnya hanya 250 – 260 ribu rupiah saja dan bisa Anda beli di toko elektronik atau secara online.

Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD

Produk Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD merupakan produk STB Nexmedia versi 4.0 yang dapat menangkap siaran digital sesuai dengan keberadaan signal di masing – masing kota. Di Jabodetabek misalnya bisa menerima 30an siaran digital televisi dan bahkan lebih.

Untuk harga, produk ini termasuk set top box harga 300 ribuan rupiah yang Anda bisa dapatkan secara online atau di toko perangkat elektronik offline.

Nextron NT2000-D

Selanjutnya ada produk buatan PT. Nextron Teknologi Indonesia yaitu Nextron NT2000-D. Produk STB yang dibanderol hanya 289 ribu rupiah ini menariknya merupakan produk dalam negeri.

Selain merupakan produk buatan Indonesia, Nextron NT2000-D juga merupakan STB hemat listrik yang bisa digunakan pada jaringan listrik dengan voltase rendah dan tidak akan membuat biaya tagihan listrik Anda membengkak.

Produk ini bisa dipakai untuk semua jenis TV termasuk TV tabung, TV plasma, TV LCD atau pun TV LED. Siaran televisi bisa terekam dan tampil sempurna tanpa gangguan. Produk juga sudah dilengkapi dengan teknologi EWS (Early Warning System) yang akan memberikan informasi terjadinya peringatan bencana dini.

Evercoss STB 1

Atau ingin yang lebih murah? Kalau Anda ingin mencari set top box murah terbaik dengan harga hanya 100an ribu rupiah maka produk Evercoss yaitu Evercoss STB 1 dapat menjadi set top box murah terbaik andalan Anda.

Set top box murah harga 100 ribuan ini dijual dengan harga tepatnya 180 ribu rupiah. Produk ini merupakan produk receiver TV yang sudah support resolusi full HD dan dapat membuat kualitas siaran televisi berjalan sangat baik.

Dalam paket penjualan set top box Anda akan mendapatkan 1 unit STB, 1 unit adaptor, 1 unit remote dan 1 unit kabel RCA.

Akari ADS-168

Produk Akari yaitu Akari ADS-168 bukan produk sembarangan. Produk ini mendukung penggunaan antenna lama atau antena TV biasa. Jadi Anda yang cari set top box untuk TV tabung dan memberikan kualitas tampilan sempurna, Akari ADS-168 ini dapat menjadi andalan Anda.

Produk Akari AD-168 ini dapat Anda pakai pada semua jenis dan merk TV tabung. Dipakai di TV LCD, LED dan TV plasma juga sangat memungkinkan. Produk juga sudah disokong dengan dukungan teknologi EWS (Early Warning System/ Peringatan Bencana Dini).

Untuk mendapatkan produk ini, Anda bisa beli dengan harga 650an ribu rupiah baik secara online atau di toko offline.

Selain produk – produk yang sudah kami sebutkan di atas, ada beberapa produk set top box TV digital kominfo lainnya yang bisa jadi pilihan di antaranya :

• Venus Brio

• Nextron TR 1000

• Ichiko 8000 HD

• Tanaka T2, Tanaka T2 Jurassic dan Tanaka T2 New

• Matrix Apple

• Matrix CH-77

• Evercoss STB Max, Pro dan Mini

• Evinix H-1

• ADS-168 dan ADS-210

• Visio HS1685

• Super HD HD168

• CBM SEI130LN

• Crenova S-1807

• Tennox HD-900

• Aldo AB3 dan Aldo STB 03

• Unicom Apollo

• Varwin T1

• Welhome Crown

• Luby Digitant

• Noise Diamond

• CBM BSTB-2201

• SuperHD HD 168 GOL

• Sharp STB-DD001I

• Next TV G-1

• Vitara VTR-218T2

• IOTO Omega

• Zyrex Zbox

Merk Android TV Box Terbaik

Untuk Anda yang ingin menggunakan android TV box untuk menemani hari – hari Anda, ada beberapa merk yang kami rekomendasikan di antaranya:

X96 Mini Full Load Kodi

Produk android TV box yang satu ini ditenagai oleh sistem operasi android versi 7.1 nougat dan sudah termasuk dengan Kodi pada perangkat penjualannya.

android tv box

Perangkat ini memiliki kapasitas memori RAM 2 GB dan di dalamnya juga sudah terpasang berbagai macam aplikasi khususnya tersedia streaming apps untuk menonton saluran TV internasional atau pun lokal. Mengenai harganya, merk android TV Box ini dibanderol dengan harga jual 500 ribu rupiah saja.

Xiaomi Mi BOX 3 Smart 4K Ultra HD

Xiaomi Mi BOX 3 Smart 4K Ultra HD merupakan sebuah perangkat yang diusung oleh brand terkenal asal Tiongkok yaitu Xiaomi. Ya, tidak hanya memiliki produk smartphone karena Xiaomi juga merambah menjadi produsen berbagai perangkat elektronik termasuk set box android.

TV box versi internasional ini merupakan sebuah produk yang sudah mendukung resolusi 4K dengan dukungan prosesor yang sangat kuat. Untuk harganya masih dibawah 1 juta rupiah sehingga jangan ragu untuk membelinya.

TANIX TX3 Mini TV Box

TANIX TX3 Mini TV Box merupakan android TV box ringan dan berukuran kecil yang dari segi desain sangat compact. Set box untuk android ini didukung dengan kapasitas memori RAM sebesar 2 GB yang ditenagai dengan Amlogic S905W quad core CPU.

Produk ini juga sangat compatible dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Adapun terkait harga, TANIX TX3 Mini TV Box bisa Anda dapatkan dengan harga 479 ribu rupiah saja.

Cara Pasang Set Top Box dan Android TV Box

Terkait cara memasang STB, cara pasang set top box pada TV analog dengan TV LCD atau LED cukup berbeda. Jadi cara pasangnya biasanya bukan dibedakan pada merk set top box murah terbaik yang digunakan atau produknya melainkan dibedakan atas jenis televisinya.

Cara pasang set top box pada TV analog

Bagi pengguna TV Analog bisa menggunakan langkah  sebagai berikut :

• Siapkan dulu perangkat STB dan TV analog

• Pastikan agar TV analog yang akan dipasangi set top box berada pada posisi power off atau mati

• Cabut kabel antena yang terpasang pada TV analog Anda

• Kabel antena sambungkan ke port yang bernama ANT IN

• Kabel HDMI dari port di STB ke TV analog juga sambungkanlah. Namun untuk TV Analog yang masih belum mendukung HDMI, Anda bisa sambungkan dengan kabel AV.

• Pastikan agar STB terhubung dengan daya

• Nyalakan STB dan juga TV analog Anda

• Masuk pada menu pengaturan TV analog

• Pilih mode tampilan AV

• Pilih opsi pencarian saluran dan tunggu sebentar sampai daftar saluran siaran digital muncul

• Pilih opsi simpan

• Selesai. Set top box pada TV analog sudah terpasang dan dapat digunakan.

Cara pasang set top box TV LED atau LCD 

Bagi pengguna TV Led atau LCD jika ingin memasang STB bisa ikuti langkah sebagai berikut :

• Siapkan dulu perangkat STB dan TV LED/ LCD

• Siapkan juga kabel HDMI (bisa Anda beli secara terpisah kalau TV LED/ LCD Anda belum dibekali kabel HDMI)

• Hubungkan kabel antena pada port ANT IN di STB

• Colokkan kabel HDMI dari STB ke TV sesuai dengan portnya

• Sambungkan STB dengan kabel RCA-nya

• Coba nyalakan TV

• Tekan tombol source pada remote televisi

• Alihkan pada mode HDMI atau audio/video

• Nyalakan STB dan tunggu sampai tampilan menu pada layar televisi muncul

• Tekan tombol menu pada remote

• Pilih opsi pencarian siaran

• Pilih pencarian otomatis

• Tunggu sampai semua saluran dipindai

• Pilih opsi simpan

• Selesai. Set top box pada TV analog sudah terpasang dan dapat digunakan.

Lalu bagaimana dengan pemasangan android TV box?

Cara Pasang Android TV Box

Nah bagi pengguna Android TV yang ingin tahu Mengenai cara pasang android TV box bisa ikuti langkah sebagai berikut :

• Atur lokasi untuk menempatkan android TV box. Pastikan tempatkan berdekatan dengan unit televisi bisa di atas meja atau memakai bracket. Namun usahakan peletakannya terhindar dari benda bermagnet dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

• Pasang kabel HDMInya dari android TV Box ke port yang tersedia pada unit TV LED/ LCD Anda

• Lakukan setup TV box dengan menghubungkan kabel daya pada steker secara perlahan

• Pastikan android TV Box dan TV sudah tersambung

• Hidupkan kedua perangkat melalui remote

• Pada unit TV LED/ LCD, ubah masukan eksternal menjadi HDMI

• Layar TV akan menampilkan konfigurasi android TV box, tunggu sebentar

• Silahkan Anda input pengaturan sesuai notifikasi pada layar televisi

• Selesaikan setup sampai tampil di dashboard dan mulai uji fitur yang tersedia

• Pastikan seluruh fitur sudah beroperasi dengan normal sebelum digunakan

• Selesai

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait set top box dan produk set top box murah terbaik yang bisa jadi pilihan. Pastikan pilih produk terbaik dan berkualitas untuk mendapatkan penayangan siaran yang maksimal.

Posting Komentar untuk "Set Top Box Murah Terbaik Paling Rekomended"