Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power

Cara menyalakan laptop tanpa tombol power apakah bisa atau tidak? hal inilah yang akan dijelaskan oleh Kang Konter untuk sobat semua yang ingin tahu cara hidupkan laptop tanpa power.

Jika Anda telah menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama, kemungkinan besar banyak bagian yang mulai rusak seiring berjalannya waktu.

Terlepas dari komponen utama yang dipasang di bagian dalam, ini juga mencakup hal-hal yang lebih kecil seperti port, tombol keyboard, dan bahkan tombol power laptop Anda bisa bermasalah.

Seperti yang Anda ketahui, tombol poer yang rusak bisa sangat membuat frustrasi karena bahkan menyalakan laptop Anda bisa sangat sulit.

Untuk membantu Anda dengan hal yang sama, simak artikel berikut ini yang berisi panduan lengkap tentang cara menyalakan laptop tanpa tombol power.

cara nyalakan laptop tanpa power

Panduan ini akan membawa Anda melalui beberapa metode mengenai hal yang sama pada saat Anda mencapai akhir.

Sebelum Anda melanjutkan dan mencoba salah satu dari berbagai solusi tentang cara menghidupkan laptop tanpa tombol power yang diberikan di bawah ini, Anda harus terlebih dahulu mencoba memasang tombol power yang baru.

Alasannya cukup sederhana, memiliki tombol daya fisik dan berfungsi jauh lebih cepat dan lebih mudah digunakan daripada menggunakan salah satu metode yang diberikan di bawah ini.

Untuk hal yang sama, Anda dapat mengikuti instruksi berikut ini yang pada dasarnya sama untuk kebanyakan laptop:

Pertama, temukan dan pesan tombol daya yang kompatibel yang dibuat untuk laptop Anda.

Kemudian, buka laptop Anda dengan melepas penutup bawahnya menggunakan obeng dan alat pencongkel.

Setelah Anda berada di dalam, lepaskan motherboard dan keyboard lengkap untuk mengakses bagian belakang tombol daya Anda.

Terakhir, lepaskan tombol daya dan pasang yang baru. Pastikan untuk menghubungkannya ke motherboard bersama dengan semua koneksi motherboard lainnya sebelum menutup laptop Anda.

Anda kemudian dapat menggunakan tombol daya yang baru dipasang untuk menyalakan laptop Anda dengan mudah.

Info Baru: Cara Kredit Laptop Pakai Shopee Paylater 

Lantas bagaimana jika ingin menghidupkan laptop tanpa mengganti tombol power dengan yang baru? Simak penjelasannya berikut ini:

Jika Anda tidak dapat menemukan tombol power atau menunggu ketersediaan tombol power akan tetapi ingin menggunakan laptop Anda meskipun tanpa tombol power, begini caranya.

Selama Anda memiliki laptop Windows, Anda dapat menemukan banyak opsi untuk menyalakan laptop Anda tanpa tombol daya. Bahkan, Anda juga dapat mencoba salah satu metode ini untuk hal yang sama:

Menggunakan Keyboard

Salah satu cara termudah untuk menyalakan laptop tanpa tombol power adalah dengan menggunakan keyboard laptop itu sendiri. Anda dapat mengaktifkan pengaturan ini dari BIOS laptop Anda seperti yang ditunjukkan di sini:

Saat menyalakan laptop Anda, tahan tombol F2, F10, atau DEL untuk masuk ke BIOS, bukan Windows.

Di sini, buka pengaturan Manajemen Daya di mana Anda dapat menemukan fungsi Power on by Keyboard atau yang serupa.

Anda kemudian dapat mengaktifkan opsi ini dan keluar dengan menekan F10.

Sekarang, bahkan jika laptop Anda dimatikan, Anda dapat menekan tombol apa saja di keyboard laptop Anda untuk menyalakannya.

Trik Baru: Cara Mengatasi MicroSD Tidak Terbaca

Menggunakan Motherboard

Jika Anda tidak dapat menghidupkan laptop Anda pada cara pertama untuk mengakses BIOS-nya untuk mengubah keyboard atau pengaturan lainnya, maka Anda mungkin perlu menggunakan metode berbasis perangkat keras ini untuk hal yang sama.

Meskipun tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari, menyalakan laptop Anda menggunakan motherboard dapat menjadi pilihan yang layak dalam beberapa kasus seperti yang ditunjukkan di sini:

Mulailah dengan membuka penutup bawah laptop Anda dan melepas motherboardnya menggunakan alat yang sesuai. Setelah Anda melepaskan motherboard dari sasis, pastikan semua koneksi lainnya masih utuh.

Anda kemudian dapat melepas koneksi tombol daya dari motherboard dan memperpendek pin 1 dan 3 menggunakan obeng logam atau kabel yang akan langsung menyalakan laptop Anda.

Setelah itu, Anda dapat mengakses BIOS untuk mengubah pengaturan apa pun setelah menginstal motherboard.

Baca Juga: Cara Melacak HP yang Hilang Tanpa Aplikasi

Dengan Metode Clock Battery

Metode hardware lain yang bisa Anda coba untuk menyalakan laptop tanpa tombol power utama adalah metode clock battery.

Meskipun dapat mengatur ulang pengaturan BIOS laptop Anda, ini adalah metode yang jauh lebih cepat daripada metode motherboard seperti yang diberikan di sini:

Anda harus terlebih dahulu membuka laptop Anda dengan melepas penutup bawahnya menggunakan obeng dan alat pencongkel.

Sekarang, lepaskan kabel baterai dari motherboard Anda yang berbeda dari kabel pengisian laptop Anda. Setelah itu, lepaskan baterai jam atau baterai CMOS motherboard laptop Anda.

Trik Lain: Cara Mengatasi Status WA yang Disembunyikan Dari Kita

Anda kemudian dapat menghubungkan baterai Anda yang secara otomatis akan menyalakan laptop Anda segera setelah itu Anda dapat dengan mudah mengakses BIOS jika diperlukan.

Demikian artikel yang bersi beberapa cara menghidupkan laptop tanpa menggunakan tombol power, yang Kang Konter sajikan. Simak info Terbaru lainnya di Google News Kang Konter semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power"