Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di STB

Cara mencari siaran TV yang hilang di Set Top Box, ternyata bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah terlebih saat ingin menambah channel atau mencari channel yang hilang.

Set Box atau Set Top Box merupakan salah satu solusi saat ini di saat pemerintah sedang menghapus menayangan TV analog dan berganti menjadi TV digital. SBT atau Set Top Box merupakan alat tambahan untuk bisa menangkap sinyal Televisi walaupun menggunakan TV lama.

Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan STB kerap menemukan kendala. Salah satunya sinyal yang hilang. Banyak hal yang bisa menyebabkan sinyal hilang TV Digital. Paling sering terjadi adalah akibat antena, kabel, serta setelan STB.

Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di STB

Nah, bagi sobat kang Konter yang mengalami sinyal hilang sehingga mengganggu sobat ketika menikmati tayangan televisi bisa simak solusi yang akan kami sajikan.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan agar bisa kembali menonton siaran TV digital atau saat siaran TV analog dimatikan.

Cara mudah pertama agar bisa kembali menonton siaran TV digital yaitu dengan cara menggunakan perangkat TV digital baru. Sedangkan cara yang kedua yakni dengan menggunakan perangkat TV analog atau TV non-digital yang dipasangkan dengan perangkat tambahan seperti Set Top Box (STB). Baca Juga: Set Box Murah Terbaik

Perangkat tambahan atau Set Top Box tersebut secara sederhana berfungsi mengubah TV analog menjadi seperti TV digital. Namun sayangnya salah satu kendala yang umumnya banyak dikeluhkan masyarakat adalah channel siaran TV digital hilang setelah melakukan pencarian. Sekedar informasi, bahwa siaran TV analog dimatikan sudah berlangsung mulai 2 November lalu.

Cara Mencari Sinyal Hilang di Set Top Box

Siaran TV yang hilang merupakan kendala yang banyak kita jumpai di masyarakat terlebih saat kondisi cuaca sedang buruk. Saat channel siaran TV digital hilang, umumnya perangkat TV hanya akan menampilkan gambar bersemut. Bahkan kejadian ini biasanya terjadi pada saat setelah melakukan pencarian.

Seiring berjalannya waktu, era digitalisasi tentu akan semakin berkembang, efisiensi penggunaan teknologi semakin digencarkan. Program yang juga dicanangkan oleh pemerintah, berupa peralihan siaran TV analog menuju TV digital itu tentu bukan tanpa alasan.

Salah satu tujuan pemerintah mengalihkan siaran TV analog menuju TV digital yaitu kita bisa lebih nyaman dalam menonton TV karena dengan kualitas gambar dan suaranya yang lebih jernih. Selain kualitas gambar dan suaranya yang lebih jernih, upaya pemerintah itu tidak lain untuk meningkatkan digitalisasi.

Set Top Box sendiri merupakan perangkat tambahan yang dipasang pada TV analog agar tetap bisa menerima siaran TV digital. Hal itu dikarenakan Set Top Box dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara sehingga dapat ditampilkan di TV biasa berbasis analog. Jadi bisa dikatakan bahwa Set Top Box berperan layaknya penghubung antara televisi dengan sebuah server.

Alhasil sinyal digital akan bisa ditangkap dengan baik, antena UHF perlu dipasang pada TV digital maupun TV analog yang memiliki STB. Lalu bagaimana jika siaran TV yang sudah dipasangkan Set Top Box tiba-tiba menghilang?

Baca Juga: Penguat Sinyal Set Top Box Terbaru

Mengutip dari situs berbagai sumber, berikut beberapa langkah mencari siaran TV yang hilang di Set Top Box.

Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di Set Top Box

1. Pastikan perangkat Set Top Box DVB-T2 telah terhubung dengan TV analog.

2. Hidupkan TV, lalu atur menjadi mode AV.

3. Sesuaikan mode AV dengan koneksi Set Top Box yang digunakan. Misalnya, AV1, AV2, dan sebagainya.

4. Bila mode AV selesai ditentukan, maka hidupkan Set Top Box tersebut.

5. Selanjutnya, tekan ‘Menu’ pada remot Set Top Box dan pilih ‘Pencarian Saluran’.

6. Untuk melakukan pencarian otomatis, pilih ‘Pencarian Otomatis’.

7. Tunggu hingga pemindaian siaran televisi yang hilang berhasil ditemukan.

8. Setelah pemindaian siaran televisi selesai, pilih ‘Simpan’.

9. Selesai, kini kamu bisa kembali menikmati siaran TV yang hilang di Set Top Box.

Itulah beberapa langkah mudah Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di Set Top Box, Semoga bermanfaat jangan lupa untuk informasi seputar Set Top Box bisa di simak di Set Top Box Kang Konter.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di STB"