Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca di HP

Cara mengatasi micro SD tidak terbaca di HP akan kang Konter sajikan bagi pengguna smartphone yang sering tidak terbaca.

MicroSD atau memori card untuk ponsel merupakan tempat penyimpanan terbaik selain memori internal yang disediakan oleh vendor. Namun sering kali banyak terjadi kartu memori atau Micro SD tidak terbaca. Sehingga penyimpanan menjadi terbatas dan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jika sobat semua mengalami memory card tidak terbaca, cara mengatasi kartu sd tidak terbaca di hp Samsung, kenapa kartu sd tidak terbaca di hp oppo, kartu memori tidak terbaca di hp Samsung, cara mengembalikan kartu sd yang hilang, cara mengatasi micro sd tidak terbaca di laptop, bagaimana cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di hp?

Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca di HP

Semua masalah terkait microSD tidak terbaca di HP akan kami kupas tuntas di postingan kali ini.

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di HP

Perbaiki Posisi Memori di HP

Cara pertama memperbaiki Micro SD tidak terbaca adalah memperbaiki posisi memory card. Ponsel terbaru dengan model memori dimasukkan ke bagian sisi atau hybrid kadang membuat posisi memori tidak terkontrol.

Nah, yang sering terjadi benturan saat HP jatuh atau terlempar serta pada saat ganti kartu HP maka posisi MicroSD sering berubah. Berubahnya posisi ini sering terjadi karena miring, kerjungkat, dan sebagainya. Sehingga menyebabkan memori tidak terbaca dan tidak bisa digunakan untuk penyimpanan.

Maka langkah terbaik adalah  memperbaiki posisi memori HP. Dengan membuka memori kemudian diperbaiki posisi menjadi lebih baik. Masukkan kembali memori dan restart HP. Jika memori card kembali normal maka penyebabnya jelas yaitu posisi memori yang keliru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Toucscreen HP Rusak

Cek Kerusakan Memori di HP dan PC

Langkah kedua dalam memperbaiki micro SD mengecek kerusakan memori di perangkat lain. Dalam mencoba di perangkat lain bisa menggunakan PC dan HP.

a. Cek Memori di HP Lain

cara mengecek microSD rusak atau tidak dengan memasukkan ke HP lain. Jika di HP lain masih normal dan menyala maka kemungkinan kerusakan tidak pada memori tetapi ada pada ponsel dalam membaca memori atau kerusakan apda di port memori card.

b. Cek Kartu memori Pakai PC/Laptop

cara melihat kerusakan memory card melalui PC cukup efektif. Caranya sangat mudah cukup hubungkan memory ke laptop/PC dengan posrt yang tersedia atau bisa juga menggunakan perangkat tambahan card reader.

Berikutnya masuk ke windows explore kemudian klik kanan pada drive card (kartu SD). Selanjutnya pilih Property>Tools>Error Checking.

Setelah itu tunggu proses sampai selesai. Jika ada masalah maka akan muncul pemberitahuan bahwa kartu kita bermasalah. Jadi harus direpair atau ganti memori card.

Bersihkan Memory Card

Langkah selanjutnya dalam mengatasi micro SD tidak terbaca adalah dengan membersihkan kartu memori. Caranya sangatlah mudah. Cukup buka kartu memori kemudian gosok atau bersihkan dengan menggunakan setip atau penghapus pensil.

Cara ini sejatinya juga ebrlaku untuk memori kard pada laptop. Dan terbukti jika memang kesalahan pada microSD bisa di atasi dengan Teknik.

Format Kartu Memory (Micro SD)

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah format micro SD. Akan tetapi cara seperti ini memiliki resiko kehilangan file atau data yang sudah tersimpat di memori. Adapun cara format kartu memory bisa menggunakan Hp dan bisa juga menggunakan PC/Laptop.

Cara Format Memory Card pakai HP

Langkah pertama dalam melakukan format kartu memori di HP adalah pastikan kartu Micro SD sudah terkoneksikan  dengan ponsel. Berikutnya bisa ikuti langkah di bawah ini.

1 Masuk ke Settings > Storage > Portable storage

2. pilih drive kartu SD kamu.

3. Pilih menu Storage settings > Format > Erase & format.

4. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Jika sudah sudah selesai maka cek kembali memori card apakah sudah terbaca di ponsel atau tidak.

Sudah Tahu Belum? Cara Melacak HP yang Hilang

Cara Format Memory Card Pakai PC

Cara format kartu memori dengan menggunakan laptop/PC yang pertama adalah koneksikan atau hubungkan micro SD melalui port yang disediakan. Atau jika tidak tersedia port maka pakai Card Reader. Berikutnya bisa ikuti langkah di bawah ini.

1. masuk ke Windows Explore

2. Klik kanan pada Drive Card, pastikan file atau drive yang dipilih adalah memori card

3. Pilih Popertis kemudian format

4. Tunggu sampai proses format selesai

5. Cek kembali apakah kartu memori sudah terbaca atau belum. Jika masih belum berarti kartu memori mengalami kerusakan bukan error. Jadi solusi terbaik adalah ganti memori.

Itulah cara mengatasi Micro SD yang tidak terbaca di HP yang kang Konter  sajikan. Simak terus informasi menarik lainnya seputar dunia konter dan teknologi terbaru hanya di KangKonter.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca di HP "