Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Touchscreen HP Rusak

Cara mengatasi touchscreen HP yang Rusak akan Kang Konter sajikan untuk sobat semua yang mengalami kendala kerusakan pada touchscreen  atau tidak bersungsi.

Jika dulu kita hanya mengenal Smartphone dengan tombol qwerty, namun dengan semakin majunya perkembangan teknologi dan komunikasi nampaknya teknologi Smartphone kini telah bertransformasi menuju ke arah yang lebih moden yakni dengan menggunakan fitur touch screen atau layar sentuh yang berfungsi sebagai tombol keypad untuk mengetik pesan ataupun nomor.

Sama halnya dengan smartphone lain, smartphone yang memiliki fitur touchscreen umumnya akan mengalami kerusakan jika digunakan secara terus menerus. Umumnya touchscreen yang mengalami kerusakan akan macet saat digunakan untuk mengetik dan juga kurang sensitif ketika digunakan.

Cara Mengatasi Touchscreen HP Rusak

Nah jika anda mengalami hal ini, jangan buru-buru membawa smartphone anda ke tukang service, sebab mengatasi touchscreen yang rusak bisa dengan mudah diperbaiki dengan cara-cara manual, nah jika anda tertarik berikut Tips Mengatasi Touchscreen Smartphone Yang Rusak dan tidak berfungsi optimal

Tips Mengatasi Touchscreen HP Yang Tidak Berfungsi

1. Bersihkan Memory RAM

Tahukan anda semakin banyak aplikasi atau game yang terinstall pada smartphone anda maka lama kelamaan memory RAM pada smartphone anda akan cepat penuh. Jika memory RAM sudah penuh pada besar kemungkinan memoy tersebut akan kelebihan beban.

Hal inilah yang menyebabkan perangkat pada smartphone dan juga touchscreen anda kurang berfungsi optimal. Adapun cara mengatasinya ialah dengan membersihkan memory RAM pada smartphone anda secara berkala

Perlu Tahu: Cara Mengatasi CapCut Tidak Muncul Template

2. Kalibrasi

Jika smartphone anda sering mengalami kerusakaan pada touchscreennya, maka saya sangat menyarankan bagi anda untuk menginstall aplikasi Kalibrasi. Ada banyak kelebihan dari aplikasi kalibrasi ini selain dapat menyesuaikan mode tingkat kesensitivitan touchscreen juga dapat memperbaiki touchscreen anda yang macet.

Biasanya di Smartphone android letak aplikasi kalibrasi ini dapat ditemukan pada opsi atau fitur pengaturan pada smartphone anda

3. Ubah Pengaturan Launcher

Tips memperbaiki touchscreen HP yang selanjutnya ialah dengan mengubah launcher pada perangkat smartphone anda, atau jika perlu Hapus launcher pada smartphone anda yang menggunakan efek atau animasi dengan kapasitas berat.

Sebab launcher yang memiliki kapasitas berat umumnya hampir sama dengan penggunaan aplikasi yang berat. Ketika  launcher bergerak  (animasi)juga akan memakan memory RAM yang banyak. Nah oleh sebab itu sebaiknya untuk mengatasi touchscreen anda yang kurang berfungsi ada baiknya ubah launcher pada smartphone kamu, adapun Jika ingin memakai wallpaper di ponsel kamu, sebaiknya pakai yang tidak bergerak dan memiliki kapasitas yang ringan

4. Restart Smartphone

Tips Memperbaiki Touchscreen Smartphone yang rusak dan tidak berfungsi optimal ketika digunakan yang selanjutnya ialah dengan merestart smartphone kamu, coba matikan atau restat smartphone tersebut.

Tunggu beberapa detik untuk menghidupkan kembali, namun jika cara tersebut belum juga berhasil untuk mengatasi touch screen yang rusak maka mau tidak mau anda harus memperbaikinya ke tukang Service

Baca Juga: Cara Melacak HP yang Hilang Tanpa Aplikasi

5. Factory Reset

Cara yang terakhir dalam mengatasi touchscreen smartphone yang rusak iala dengan melakukan setting ke pengaturan pabrik atau factory reset. Umumnya hal ini dapat secara efektif dalam memperbaiki program touchscreen yang mengalami gagal sistem, namun sebelum anda melakukan pengaturan pabrik, sebaiknya backup dulu semua data-data dan juga aplikasi yang penting di smartphone kamu, agar tidak menyesal pada nantinya.

Cukup demikian penjelasan dari KangKonter.com tentang tips mengatasi touchscreen smartphone yang tidak berfungsi. Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Touchscreen HP Rusak"