Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Set Top Box Evercoss Tidak Ada Sinyal

Cara mengatasi Set Top Box Evercoss tidak ada sinyal akan emnjadi sajian khusus dan spesial Kang Konter kali ini.

Set Top Box kini sedang ramai di perbincangkan, lantaran TV analog yang sudah tidak bisa lagi di gunakan kembali kecuali menggunaka STB. Karena sekarang TV sudah menjadi Digital dan jika ingin TV analog tetap bisa digunakan maka harus di pasangkan Set Top Box.

Pemutusan TV analog dan merubah ke TV digital merupakan suatu kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Set Top Box sendiri adalah perangkat tambahan yang dipasang pada TV analog agar tetap bisa menerima siaran TV digital.

Cara Mengatasi Set Box Evercoss Tidak Ada Sinyal

Perangkat tambahan ini bisa mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara sehingga dapat ditampilkan di TV biasa berbasis analog. Salah satu Set Top Box terbaik yang direkomendasikan oleh Kominfo adalah STB merk Evercoss.

Set Top Box Evercoss mungkin akan menjadi solusi yang tepat bagi Anda untuk mengubah TV Analog ke siaran TV Digital. Namun, masih ada beberapa masalah yang tak jarang dikeluhkan oleh masyarakat terkait masalah Set Top Box merk Evercoss.

Set Top Box Evercoss tidak ada sinyal menjadi masalah yang kerap dikeluhkan oleh sebagian pengguna. padahal, permasalahan ini sebenarnya bisa ditangani sendiri dengan mudah. Bagi pengguna yang memang kurang memahami cara memperbaikinya, tentu saja hal ini akan membuat jengkel.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jaringan XL Selalu Edge

Lantas bagaimana Cara Mengatasi Set Top Box Evercoss Tidak Ada Sinyal? berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar Set Top Box tidak ada sinyal dapat diperbaiki.

Cara Mengatasi Set Box Evercoss Tidak Ada Sinyal

1. Posisi Antena

Terkadang Set Top Box Evercoss tidak ada sinyal ini terjadi karena peletakan antena yang kurang pas dan tidak dapat menangkap sinyal dengan baik.

STB merk Evercoss kini sudah support dengan antena UHF yang Anda gunakan sebelumnya. Dengan catatan, antena tersebut memang masih baru dan kondisinya masih bagus. Anda bisa coba untuk memeriksa kondisi antena ini terlebih dahulu dan perhatikan posisi peletakannya.

Sebaiknya antena diletakkan di luar rumah, karena peletakannya akan berpengaruh pada kemampuan antena dalam menangkap sinyal yang dipancarkan oleh provider. Jangan lupa untuk memperhatikan arah dari antena. Pengguna perlu beberapa kali mencoba mengarahkannya ke posisi yang tepat. Cobalah untuk mengarahkannya. Setelah itu, mulailah dengan memindai saluran seperti awal.

Jika permasalahannya berasal dari peletakan posisi antena, maka perubahannya sudah bisa menyelesaikan keluhan hilangnya sinyal siaran TV digital.

2. Resolusi Gambar

Resolusi gambar yang tersetting di STB umumnya berada di 1080p. Hal ini sudah tersetting secara default di sistem. Ada sebagian kasus menunjukkan bahwa resolusi ini berpengaruh pada tampil tidaknya siaran di TV digital.

Bagi pengguna TV LED, resolusi tersebut biasanya sudah cukup. Tetapi jika menggunakan TV tabung, terkadang pengguna perlu mengubah resolusinya. Terlebih jika Anda menggunakan kabel RCA. Penggunaan RCA ini biasanya hanya support dengan resolusi yang lebih rendah. Jika menggunakan RCA ke TV tabung, maka cobalah untuk menurunkan resolusinya ke 576p.

Baca Juga: Daftar STB Murah Kualitas Terbaik

Jika Anda menggunakan kabel HDMI, maka gunakanlah resolusi 1080p.  Tetapi, cobalah sesekali turunkan jika gambar tidak bisa ditampilkan. Hal ini berfungsi untuk memeriksa kemampuan dari TV dalam menampilkan gambar.

3. Scanning Ulang

Cara mengatasi Set Top Box Merk Evercoss tidak ada sinyal selanjutnya yaitu dengan scanning ulang saluran TV. Metode ini bisa dilakukan jika dua cara di atas masih belum berhasil.

Kemungkinannya, sinyal tidak dapat ditangkap lantaran frekuensi berubah. Jadi, pengguna butuh pembaharuan untuk menyimpan frekuensi televisi tersebut. Sementara yang terakhir yaitu mengupgrade software atau reset ke setelan pabrik.

Jika masalahnya berasal dari sistem, dua cara tersebut bisa Anda coba. Karena sistem yang lama bisa saja mengalami permasalahan sehingga butuh pembaharuan atau sistem yang sudah diperbaharui mengalami kerusakan yang mengharuskan Anda untuk mengembalikannya ke setelan pabrik.

Baca Juga: Cara Update STB merk Evercoss Terbaru

Itulah 3 Cara mengatasi STB merk Evercoss tidak ada sinyal yang kangkonter.com sajikan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Set Top Box Evercoss Tidak Ada Sinyal"