Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng 2022 dan Syarat Mendapatkan

Cara cek penerima BLT Mintak goreng yang rancananya akan dicarikan pada bulan April 2022 menjadi informasi penting yang akan Kang Konter sajikan buat sobat semua.

Pemerintah menjawab keluh kesah terkait minyak goreng. Harga minyak yang melambung serta kelangkaan minyak goreng langsung diantisipasi oleh pemerintah dengan memberikan Bantuan langsung Tunai atau BLT.

Mengenai besaran, Bantuan ini besarnya 300.000 rupiah dan rencanya akan diberikan pada bulan April 2022.

Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng 2022

Jika sobat masih bingung BLT minyak goreng 2022 kapan cair tanggal berapa? Kapan Bansos minyak goreng cair? Siapa penerima BLT minyak goreng? Apa itu BLT minyak goreng? Berikut akan Kang Konter kupas yah sob.

Apa itu BLT Minyak Goreng

BLT Minyak goreng adalah bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan untuk kenindak lanjuti permasalahan minyak goreng yang belum stabil. Setelah sempat langka, minyak goreng juga mengalami loncajakn harga yang luar biasa.

Alhasil masyarakat kecil menjerit, terlebih pelaku usaha yang menggunakan bahan dasar minyak sebagai bahan utama seperti penjual gorengan, dan sebagainya.

Melihat permasalahan tersebut, pemerintah akan mencairkan bantuan untuk meringankan beban masyarakat. Akan tetapi Siapakah yang kira-kira layak mendapatkan BLT Minyak goreng? Bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan BLT Minyak Goreng?

Syarat Mendapatkan Bansos BLT Minyak Goreng

Pemerintah akan mengeluarkan bantuan BLT Minyak goreng. Namun tidak semua akan mendaoatkan bansos ini. Ada 3 golongan atau syarat agar dapat bantuan BLT minyak Goreng. Berikut 3 syarat mendapatkan BLT ini.

1. Keluarga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai

Bagi keluarga yang mendapatkan bantuan pangan non tunai  (BPNT) bergembiralah karena termasuk dalam deretan masyarakat yang akan mendapatkan BLT Minyak Goreng

2. Program Keluarga Harapam

Program Keluarga Harapan atau PKH juga termasuk dalam daftar yang bakal menerima bansos ini. PKH dianggap sebagai pemegang data untuk masyarakat miskin. Karena PKH menggunakan petugas khusus yang benar-benar turun langsung ke lapangan. Sehingga tingkat validasinya lebih tinggi untuk mengetahui standart masyarakat

3. Pedagang Kaki Lima (PKL) penjual Gorengan

Diantara beberapa masyarakat yang paling besar terkena imbas minyak goreng adalah penjual gorengan. Kelangkaan dan naiknya minyak goreng mempengaruhi produktivitas pedagang kaki lima.

Jika anda termasuk salah satu dari ketiga kelompok di atas maka bisa langsung cek apakah berhak mendapatkan bansos minyak goreng atau tidak. Cara cek penerima bansos BLT Minyak Goreng sebagai berikut

Cara Cek Apakah mendapatkan BLT Minyak Goreng atau Tidak

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah termasuk dalam daftar penerima BLT Minyak goreng atau tidak.

1. Cek penerima Bansos di web Cekbansos.kemensos.go.id 

Web Cekbansos.kemensos.go.id merupakan website resmi pemerintah yang disediakan untuk memberikan informasi apakah mendapatkan bantuan atau tidak. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Masuk ke Website Cekbansos.kemensos.go.id 

- Isi Alamat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, hingga desa

- Masukkan Nama Sesuai KTP

- Isi Capca

- CARI DATA

Jika nama anda tertera dalam daftar tersebut, maka anda berhak mendapatkan bantuan social ini.

2. Cek penerima BLT Melalui Aplikasi Penerima Bansos

Selain menyiapkan website khsusus, pemerintah juga menyediakan aplikasi penerima bansos yang bisa diunduh di playstore. Caranya sangat mudah.

- Pastikan sudah download dan install Aplikasi Penerima Bansos

- Pilih Cek bansos

- Isi Wilayah dan Data sesuai dengan KTP

- Cari data

3 Cek penerima Bansos Secara Langsung

Langkah terakhir untuk mengetahui apakah berhak emndapatkan bansos BLT Minyak goreng atau tidak adalah dengan cek langsung ke Kantor DInas Sosial setempat. Biasanya dinas social sudah memegang data calon penerima Bansos. Jadi tinggal ditanyakan apakah masuk apa tidak selanjutnya tanyakan juga kapan tanggal cair bantuan social minyak goreng serta persyaratan yang harus dipenuhi.

Itulah informasi seputar BLT Minyak Goreng 2022 dan cara mengeceknya yang kangkonter.com sajikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan pencerahan kepada semua.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng 2022 dan Syarat Mendapatkan"