Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Klitih Jogja Dalam Bahasa Indonesia

Arti kata klitih dalam Bahasa Indonesia akan Kang Konter sajikan sebagai edukasi dan tambahan informasi kepada sobat Kang konter semua.

Saat ini warganet kembali digemparkan dengan adanya Klitih di Jogjakarta. Berawal dari sebuah warganet yang menuliskan kisahnya menjadi korban Klitih di Jogja. Alhasil, Klitih menjadi trending di Twitter.

Tidak sekedar kata Klitih yang trending tetapi juga tagar #Jogjatidakaman. Namun dibalik itu, tahukah sobat semua Apa yang dimaksud dengan klitih? Apakah klitih sama dengan begal? Apa itu klithih Jogja? Mengapa pelaku kekerasan jalanan klitih di Yogyakarta dilakukan oleh remaja? Apa tujuan klitih?

Arti Kata Klitih Jogja

Simak ulasan kang Konter yang merangkum dari beberapa sumber termasuk Wikipedia, dan sumber lainnya. Semoga bisa memberikan pencerahan yah sob.

Apa itu Klitih?

Bagi yang penasaran apa sih Klitih itu? Klitih adalah sebuah fenomena social yang terjadi di Jogjakarta dan sekitarnya. Biasanya pelaku Klitih berusia remaja yaitu 13 tahun sampai 19 tahun atau usia SMP sampai SMA.

Dalam fenomena ini biasanya pelaku Klitih melakukan tindakan-tindakan yang meresahkan. Seperti pembullyan (perundungan), mengambil barang dari korban, sampai ada yang melukai korban.

Namun diantara beberapa kejadian seputar Klitih tersebut? Tahukah sobat semua istilah Klitih itu sebenarnya apa?

Tahukah Kamu: Arti Dari Matcha? Benarkah Ada Varian baru Indomie

Arti Istilah Klitih Bahasa Jawa

Berdasarkan lansiran Wikipedia, Klitiih berasal dari Bahasa Jawa. Klitih artinya nyari angin atau jalan-jalan, bisa juga bermakna keluyuran. Ada juga yang memaknai Klitih asalnya dari Pasar Klitikan Jogjakarta yang maksudnya adalah jalan-jalan sambil mencari barang bekas.

Dari beberapa arti, makna, dan maksud dari klitih di atas tentu ada maksud dari klitih itu sendiri.

Tujuan Klitih

Berdasarkan dari istilah di atas, sejatinya tujuan Klitih itu tidak menyangkut unsur negative. Bahkan cenderung posisitf karena hanya mencari angina atau jalan-jalan. Seperti halnya di bulan Puasa seperti saat ini banyak orang yang jalan-jalan sambil nunggu waktu buka puasa. Klitih pun begitu, murni hanya refresing atau jalan-jalan saja.

Namun seiring berjalannya waktu, Klitih mulai beralih makna dari yang positif menjadi negatif. Masyarakat mulai memandang Klitih sebagai perilaku negatif masyarakat. Klitih tidak sekedar jalan-jalan tetapi juga kerap mencari korban.

Apakah Klitih Sama Dengan Begal?

Pada dasarnya Klitih merupakan kenakalan remaja. Biasanya akibat dendam atau sekedar unjuk nyali. Jadi Klitih kerap hanya perundungan, melukai, dan jarang sekali mengambil barang milik korban.

Akan tetapi kalau Begal lebih ke arah mengambil paksa barang korban. Biasanya pelaku begal akan melakukan apapun untuk mencapai tujuannya. Termasuk melukai bahkan tidak segan-segan membunuh.

Jangan Lewatkan: Arti Kata Uncut Film 

Akhir Kata

Jadi itulah Arti dari Klithih yang ramai diperbincangkan. Klitih kerap disebut Klitih Jogja karena fenomena ini banyak terjadi di Jogjakarta dan sekitarnya.

Apapun perilaku dan tindakan yang meresahkan dan melukai orang lain semoga tidak lagi terjadi. Karena setiap orang memiliki hak untuk hidup aman dan damai. Semoga bentuk negatif dari Klitih segera berakhir dan kembali pada makna aslinya yaitu hanya jalan-jalan saja.

Terima kasih sudah membaca informasi dari KangKonter.com seputar Fenomena Klitih yang kembali viral di kalangan warganet. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Klitih Jogja Dalam Bahasa Indonesia"