Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Jaringan Internet di HP 3G atau 4G Dengan Mudah

Cara cek jaringan internet di HP apakah 3G atau 4G memang penting untuk diketahui. Pasalnya agar sobat semua tidak salah pilih paket untuk ponselnya.

Jaringan internet terus mengalami perkembangan. Dalam satu decade terakhir jaringan internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun 2012 silam, masyarakat masih menikmati internet Edge.

Selang beberapa tahun internet Edge mulai berkurang semenjak adanya video call yang memaksa penggunanya menggunakan internet minimal 3G. keberadaan 3G juga tidak berlangsung lama, walaupun sampai saat ini masih ada ponsel yang menggunakan 3G namun semua provider sudah menggunakan 4G dalam jaringannya.

Cara Cek Jaringan Internet di HP 3G atau 4G Dengan Mudah

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui apakah internet ponsel kita masih 3G atau sudah 4G. sehingga nantinya tidak salah saat membeli paket internet. Bagaimana mengetahui jaringan internet di HP sendiri? Yuk simak sampai tuntas pembahasan Kangkonter.

Cara cek jaringan internet di HP Terbaru

Sebelum membeli paket internet tentu sangat penting untuk mengetahui ponsel yang digunakan apakah masih 3G atau 4G. bagi ponsel keluaran terbaru mungkin tidak terlalu masalah. Karena ponsel anyar saat ini rata-rata jaringan minimalnya 3G bahkan ada yang minimal 4G.

Jika sudah mengetahui maka saat membeli paket kita bisa menentukan paket yang tepat untuk ponsel kita.

Tak jarang pengguna ponsel mengeluh bahwa kuotanya masih banyak namun tidak bisa mengakses Internet dengan lancar. Jika sobat mengalami hal serupa, silahkan cek, jaringan Internet ponsel apakah sudah sesuai dengan jaringan provider atau tidak.

Bagi yang masih bingung cara mengetahui jaringan internet di HP, Kang Konter mencoba bagikan beberapa cara untuk mengetahuinya.

1. Mengetahui Jaringan di Dos Book

Dos book atau kotak kemasan merupakan salah satu kelengkapan dalam memiliki ponsel. Jika membeli ponsel bekas, jangan sekali-kali membeli ponsel bekas atau second tanpa kota kemasan. Karena dikhawatirkan ponsel yang kita beli adalah ponsel illegal, curian, dan sebagainya.

Dos book atau kotak kemasan tidak hanya bukti legalitas kepemilikan ponsel. Tetapi lebih dari itu, kotak kemasan juga menjadi informasi penting seputar hp yang dimiliki. Semua informasi perihal ponsel kita ada di kotak kemasan tersebut. Seperti tahun pembuatan, negara pembuatan, hingga jaringan ponsel itu apakah masih 3G atau 4G.

Sangat mudah karena cukup membuka kotak kemasan atau bisa juga membuka buku pedoman mengenai ponsel tersebut. Silahkan dicoba cara ini. Namun jika tidak memiliki kotak kemasan karena hilang dan sebagainya bisa ikuti langkah berikutnya.

2. Cek Jaringan di Web Resmi

Setiap perusahaan memiliki web resmi. Terlebih merk-merk branded atau yang memiliki banyak pengguna di Indonesia sekelas Vivo, Samsung, Oppo, dan sebagainya. Cara ngeceknya juga sangat mudah.

Silahkan buka web resmi ponsel yang dimiliki. Kemudian carilah type hp yang dimiliki. Setelah itu akan muncul informasi seputar ponsel tipe yang kita pegang. Cek spesifikasi maka akan diketahui info terkait jaringan ponsel kita. Apakah masih 3G atau sudah 4G atau LTE.

3. Cara Lihat jaringan HP di Ponsel Sendiri

Nah ini sebenarnya cara yang paling mudah. Pengguna ponsel wajib tahu semua hal mengenai hape yang dipegang. Terlebih spesifikasi dan detil lainnya. Sehingga kita bisa menggunakan dan merawat ponsel tanpa melebihi kapasitas dan kemampuan hp itu. Adapun untuk mengetahui jaringan internet di HP kita bisa disimak di bawah ini.

- Bukalah setting atau pengaturan

- Pilih katu sim dan data seluler

- pilih salah satu SIM yang digunakan sebagai internet

kang konter

- buka Preferer Network atau jaringan

- akan muncul informasi jaringan internet untuk ponsel kita.

Itulah informasi mengenai cara mengecek jaringan internet yang kompetibel atau yang sesuai dengan ponsel kita. Jika sudah mengetahui, maka kita bisa membeli paket internet yang sesuai dengan kapasitas internet di HP kita.

Demikian Informasi dari Kangkonter.com. Semoga bermanfaat. Dukung terus blog kami dengan membaca sampai tuntas, bagikan jika bermanfaat, komentar jika ingin bertanya. Terima Kasih. 

Posting Komentar untuk "Cara Cek Jaringan Internet di HP 3G atau 4G Dengan Mudah"