Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Saluran WhatsApp dan Menambah Saluran di WA

Hai, Sobat kang Konter!  Sudah tahu belum tentang Fitur Saluran WhatsApp yang baru aja bergulir di Indonesia sejak awal September. Ini seru banget, loh! Nah, fitur ini sebenernya mirip-mirip dengan Channel Telegram yang udah ada dari dulu.

WhatsApp terus mengembangkan aplikasinya untuk memberikan pelayanan kepada para penggunanya. Dalam setahun ini WhatsApp sudah melakukan beberapa kali terobosan.

cara membuat saluran di whatsApp


Terobosan terbaru WA adalah dengan fitur Saluran WhatsApp yang baru disilis beberapa waktu lalu. Seperti apa Saluran WhatsApp?  Yuk, kita kupas tuntas gimana cara pake fitur keren ini!

Kenalan Sama Saluran WhatsApp

Jadi, Saluran WhatsApp ini ada di tab status, guys. Jadi, tab status WhatsApp sekarang berubah jadi "Update/Pembaruan." Nah, pas kamu udah join di salah satu saluran WhatsApp, komunikasinya jadi satu arah, loh. Jadi, kamu gak bisa ngebalas pesan atau info yang di-share sama admin.

Tapi tenang aja, kamu bisa tetep berinteraksi dengan kasih emoji reaksi buat info yang di-share sama admin. Menurut info resmi WhatsApp, gak semua orang bisa bikin Saluran WhatsApp, lho.

Saluran WhatsApp cuma bisa dibikin sama individu dan organisasi yang jadi mitra Meta (perusahaan induk WhatsApp). Keren, kan? Nah, buat kamu yang punya perusahaan atau organisasi yang masuk kategori verifikasi Meta, nih, ada tutorial buat bikin saluran di WA yang kami kutip langsung dari WhatsApp!

Gimana Sih Cara Bikin Saluran di WA?

Buka akun WhatsApp kamu.

Klik tab "Pembaruan."

Klik "Mulai," terus tambahin nama saluran. Nah, yang seru, nama Channel WA ini bisa diubah kapan aja!

Jangan lupa nambahin deskripsi saluran juga. Biar followers Channel WA kamu pada tahu nih isinya apa!

Trus, tambahin ikon Channel WA. Kamu bisa pilih ikonnya dari telepon atau web, gampang banget kan?

Terakhir, klik "Buat saluran." Fitur Channel WA ini bakal muncul di tab/menu "Updates" atau "Pembaruan."

Baca Juga: Cara Live di TikTok

Gimana Caranya Bergabung di Saluran WhatsApp?

Buat kamu yang mau gabung di salah satu Saluran WhatsApp, caranya gampang banget, guys!

Klik menu pembaruan WhatsApp.

Gulir ke bawah sampai nemu menu "Saluran." Nah, di sini, kamu bakal disuguhin rekomendasi akun Channel WhatsApp yang bisa kamu ikuti.

Selain dari rekomendasi itu, kamu juga bisa klik opsi "Cari Saluran" buat nyari akun saluran sendiri sesuai keinginan kamu.

Nah, di opsi "Cari Saluran," kamu bisa cari akun saluran berdasarkan beberapa kategori, misalnya "paling aktif," "populer," atau "wilayah."

Setelah nemuin channel yang kamu suka, tinggal klik ikon tambah, dan channelnya bakal otomatis masuk ke daftar saluran di menu pembaruan WhatsApp.

Mantap, kan? Nah, pas udah berhasil ditambahin, tampilan daftar status WA kamu bakal berubah jadi horizontal atau kayak tampilan Instagram Story. Jadi, gak akan ketinggalan berita terbaru lagi deh!

Demikian cara membuat Channel WhatsApp dan menambahkannya buat dapetin berita terkini dari akun tertentu yang kang Konter sajikan. Jangan lupa buat nyobain, ya!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Saluran WhatsApp dan Menambah Saluran di WA"